Blog Bisnis Online Indonesia

Info Bisnis Online Indonesia paling WOOW!

Menu

Tips otomotif cara mengemudi dikala cuaca buruk

July 14, 2016 | bisnis, Bisnis Online

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang tips otomotif cara mengemudi di kala cuaca buruk, Mengendarai mobil pada cuaca yang bersahabat bisa menyenangkan, akan tetapi suatu saat kita mau tidak mau harus melewati perjalanan dengan cuaca buruk misalnya saat terjebak di pegunungan dengan kondisi berkabut atau hujan deras. Nah resiko berkendara pada kondisi cuaca tidak biasa ini akan berkali-kali lipat lebih berbahaya dibanding pada cuaca yang bersahabat, penguasaan teknik atau skill mengemudi dan juga pengetahuan teori berkendara saat cuaca tidak bersahabat penolong utama kita saat cuaca buruk.

Cuaca buruk sering terjadi adalah hujan deras dan turunnya kabut yang keduanya juga bisa silih berganti, hujan deras disamping menyebabkan jalan yang licin juga menghalangi pandangan, nah lantas pengetahuan teori sangat penting dalam hal ini.

tips otomotif

Nah berikut ini adalah tips otomotif cara mengemudi di kala cuaca buruk yaitu :

  1. Periksalah kondisi ban anda

Kondisi ban ini paling utama yang dimana masalah ketebalan ban yang memenuhi syarat minimum kedalaman corak ban adalah 1,6 mm standar umumnya, jika ban anda sudah mengalami kegundulan atau sudah habis corak ketebalannya yang artinya ban tersebut sudah tidak mampu atau sudah tidak punya kemampuan melewati jalan yang basah yang dimana tidak memiliki kemampuan membuang air pada permukaan ban.dan pastikan juga tekanan ban yang aman tekanan ban dalam keadaan cuaca buruk harus sedikit lebih empuk jangan terlalu keras.

  1. Periksalah lampu dan wiper

Periksa lampu-lampu mobil karena lampu ini nantinya akan berfungsi sebagai alat penerangan dan juga alat komunikasi dengan pengendara lain atau signal mobil. Yang perlu diperiksa adalah lampu utama yaitu lampu dekat atau lampu jauh, lampu sein, lampu rem. wiper pasti sangat dibutuhkan dalam kondisi seperti ini, jika wiper ternyata mati atau tidak berfungsi dengan baik ada trik yang bisa dipakai agar kaca bisa tetap bening meskipun tanpa wiper, yakni dengan mengoleskan shampo mobil atau detergen atau sabun pada permukaan kaca luar, cara yang kedua yakni dengan mengusapkan tembakau pada permukaan kaca.

  1. Kurangi kecepatan

Saat cuaca buruk terjadi baik hujan deras atau kabut tebal maka langkah yang paling mudah adalah mengurangi kecepatan mobil, hal ini dapat mengurangi resiko kecelakaan secara signifikan. Pada cuaca buruk jarak pandang sangat terbatas sehingga antisipasi kondisi tak terduga juga menjadi sangat sulit, sementara pada hujan deras selain pandangan berkurang kondisi jalan juga sangat licin sehingga membutuhkan jarak yang lebih panjang untuk menghentikan atau mengurangi laju mobil daripada kondisi normal. Langkah yang baik dan sederhana adalah mengurangi kecepatan sampai dirasa cukup aman.

  1. Menyalakan lampu

Menyalakan lampu utama atau lampu kota sangat bermanfaat pada kondisi cuaca buruk, jika cuaca tidak begitu buruk maka lampu kota saja cukup akan tetapi jika cuaca sangat buruk maka lampu utama akan sangat efektif dalam membantu pandangan pengemudi terhadap jalan. lampu utama atau lampu depan ini juga berfungsi sebagai penanda mobil kita agar terlihat dari arah berlawanan. lampu ini selain berfungsi sebagai penambah visibilitas juga sebagai signal keberadaan mobil kita.

Mungkin cukup sekian dari saya penjelasan mengenai tentang tips otomotif cara mengemudi di kala cuaca buruk, mudah-mudahan bisa bermanfaat buat kalian semuanya yang menggunakan mobil jika dalam keadaan cuaca yang buruk yang dimana jarak pandang atau pun yang lainnya tidak sempurna,terima kasih.

 

Related For Tips otomotif cara mengemudi dikala cuaca buruk

Page

    Page

      Page