Blog Bisnis Online Indonesia

Info Bisnis Online Indonesia paling WOOW!

Menu

KeAgungan Asmaul Husna

Mengkaji tentang keagungan/keindahan dari al-Asma-ul husna (nama-nama Allah Ta’ala yang maha indah/Agung ) berarti memaknai suatu keagungan/kemahaindahan yang memiliki kesempurna yang meliputi dan melampaui semua keagungan/keindahan yang hanya mampu digambarkan oleh akal pikiran manusia atau mahluk saja.

 

Tidak Ada Yang Mampu

Kenapa demikian ? Allah Ta’ala merupakan Dzat Maha Indah dan Maha yang memiliki dari kesempurna dalam segal dan begitu pun nama dan sifat-Nya karena hal itulah tidak ada  yang mampu membatasi pujian dan sanjungan yang pantas bagi kemuliaan-Nya, kecuali hanya Allah azza wa jalla (yang maha perkasa lagi mulia),lah yang mengetahui nya secara utuh dan sempurna.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun menggambarkan hal tersebut dalam sebuah doa nya yang cukup terkenal:

“Aku tidak mampu menghitung/membatasi pujian/sanjungan terhadap-Mu, Engkau adalah sebagaimana (pujian dan sanjungan) yang Engkau peruntukkan bagi diri-Mu”.

Sebagaimana Allah azza wa alla menegaskan didalam al-Qur’an bahwa tidak ada satu makhlukpun di alam semesta raya ini yang mampu dan mambatasi untuk menuliskan dengan paripurna bentuk keagungan atau keindahan kesempurnaan pengertian dari nama-nama dan sifat-sifat-Nya, bagaimanapun hebatnya dan besarnya makhluk tersebut.

Allah berfirman,

“Katakanlah: Kalau sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Rabbku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Rabbku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula)” (QS al-Kahfi:109).

Dalam ayat lain Allah Ta’ala juga menerangkan dalam berfirmannya,

“Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh laut (lagi) sesudah (kering)nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” (QS Luqmaan:27).

 

Asmaul Husna  pada Tafsir Mufasir

Imam Ibnu Katsir berkata, “(Dalam ayat ini) Allah Ta’ala berfirman memberitakan tentang keagungan, kebesaran dan kemuliaan-Nya, serta nama-nama-Nya yang maha indah, sifat-sifat-Nya yang maha tinggi dan kalimat-kalimat-Nya yang maha sempurna, yang tidak mampu diliputi oleh siapapun (dari makhluk-Nya), serta tidak ada seorang pun yang mengetahui hakekat dan mampu membatasi/menghitungnya, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam” kemudian Ibnu Katsir menyebutkan hadits di atas Arti ayat ini: Seandainya semua pohon (yang ada di) bumi dijadikan pena dan lautan (di bumi) dijadikan tinta dan ditambahkan lagi tujuh lautan (yang seperti itu) bersamanya, untuk menuliskan kalimat-kalimat Allah yang menunjukkan keagungan dan kemuliaan-Nya, serta (kesempurnaan) sifat-sifat-Nya, maka (niscaya) akan hancur pena-pena tersebut dan habis air lautan (tinta) tersebut (sedangkan kalimat-kalimat keagungan dan kemuliaan-Nya tidak akan habis)”.demikian lah sedikit artikel religi ini saya tulis mengenai keaggungan/keindahan dari assmaulhussna,semoga menambah wawasan bagi anda dan penulis untuk kekurangan dan hilafnya mohon untuk dimaafkan…

Barrokallohufiik…

 

sumber : http://www.bacadisini.web.id/

Related For KeAgungan Asmaul Husna

Page

    Page

      Page