Blog Bisnis Online Indonesia

Info Bisnis Online Indonesia paling WOOW!

Menu

Cara Jalankan Bisnis Online di Instagram

September 24, 2015 | Bisnis Online, Toko Online

Cara Jalankan Bisnis Online di Instagram : Saat ini media sosial sudah menjadi demam yang tidak dapat dihindari oleh setiap orang di dunia. Hal inilah yang menjadikan banyak dari situs-situs komunikasi tersebut dijadikan alat untuk berbisnis online. Tidak terkecuali dengan #Instagram, situs berbagi foto yang sudah dikenal oleh banyak pengguna internet di dunia.

bisnis online di Instagram

Meski begitu untuk sebagian orang, Instagram masih dipertanyakan apakah dampak bagi bisnis online Mereka akan besar seperti Facebook dan Twitter atau hanya akan membuang-buang waktu. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini Anda akan diajak untuk mengetahui beberapa cara menjalankan bisnis online di Instagram .

  1. Mengetahui bagaimana Instagram bekerja

Untuk menggabungkan antara Instagram dengan bisnis online, Anda harus tahu dahulu bagaimana cara kerja dari media sosial ini dan apa jenis bisnis yang cocok dengannya. Seperti yang Kita tahu, Instagram adalah media sosial yang sudah populer sejak lama dan target penggunanya beragam, namun didominasi oleh anak muda.

Media sosial ini sangat cocok untuk hal-hal yang berbau visual, karena memang fokus utamanya digunakan untuk berbagi foto, semisal foto selfie, pemandangan, hewan, kendaraan, momen-momen tertentu dan lain sebagainya. Dengan melihat fungsi dari Instagram ini, Anda bisa memulai memikirkan, bisnis online apa yang cocok dengannya atau bagaimana cara menyatukan bisnis Anda yang sudah berjalan dengan Instagram.

  1. Membuat visual marketing

Tanpa visualisasi yang baik, maka Instagram tidak akan membantu Anda dalam meningkatkan bisnis online. Oleh sebab itu, sebelum terjun ke dunia Instaram, ada baiknya Anda persiapkan dahulu visual marketing. Misalnya saja yang paling penting adalah foto-foto dengan kualitas tinggi sebagai alat promosi.

  1. Menganalisa pangsa pasar

Ini sangat penting jika Anda ingin memiliki klien tertarget. Anda harus menganalisa terlebih dahulu, apakah ada banyak calon-calon konsumen bisnis online Anda di Instagram. Jangan sampai Anda mencurahkan waktu dan uang pada media sosial ini namun tidak mendapat hasil apa-apa. Berbeda halnya jika memang target konsumen berimpah di Instagram. Hal tersebut adalah peluang untuk Anda melakukan berbagai jenis teknik marketing, seperti membuat kontes, giveway, foto-foto unik dan lain sebagainya.

  1. Menganalisa kompetitor

Selain klien, tahapan cara menjalankan bisnis online di Instagram juga tidak jauh dari kompetitor. Di sini pesaing bisnis yang Anda jalankan bisa jadi acuan seberapa besar pengaruh Instagram. Jika kompetitor Anda berhasil melakukan metode-metode marketing, semisal foto Mereka banyak disukai dan dikomentari, maka akun Instagram Anda pun memiliki peluang yang sama. Hal ini jugalah yang bisa dijadikan tolak ukur apakah Anda akan menggunakan Instagram atau tidak.

 

  1. Menggunakan Instagram secara penuh

Ada banyak fitur pada Instagram yang dapat dimanfaatkan untuk bisnis online Anda. Untuk itu, pelajari semua fitur-fitur tersebut dan gunakan semaksimal mungkin. Contoh saja, Anda bisa memanfaatkan hashtag pada foto-foto yang Anda posting untuk meningkatkan pencarian. Jika beruntung, mungkin hasthtag Anda tersebut bisa berada pada daftar trending.

 

  1. Membuat akun lebih profesional

Hal-hal kecil sangat berpengaruh pada semua media yang Anda gunakan untuk sebuah bisnis online. Misalnya saja profil Instagram, yang mana bisa saja berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan Anda. Oleh sebab itu, isi profil Anda dengan lengkap dan jujur. Perlihatkan bahwa bisnis online Anda tersebut nyata dan bukan fiktif, apalagi penipuan.

 

  1. Menganalisa demografi pasar

Bisnis online juga lekat dengan demografi atau sederhananya letak dari calon-calon konsumen Anda. Promosi di Instagram haruslah terarah jika Anda tidak ingin membuang banyak waktu dan uang. Ini seperti Facebook dan Twitter, namun lebih sederhana. Anda hanya perlu mencari tahu apa yang para target pasar inginkan. Misalnya saja bisnis Anda berhubungan dengan anak muda dari Indonesia. Di sini Anda bisa mulai mencari bahan promosi yang disukai akun-akun dengan rincian demografi tersebut dan juga waktu yang cocok untuk mempublikasikannya.

Related For Cara Jalankan Bisnis Online di Instagram

Page

    Page

      Page