Blog Bisnis Online Indonesia

Info Bisnis Online Indonesia paling WOOW!

Menu

Cara Cek Website dari Penalti Google

September 18, 2015 | SEO, Tips & Trik

Cara Cek Website dari Penalti Google : Salah satu sumber visitor bagi pemilik website adalah mesin pencari Google. Sudah bukan rahasia lagi bahwa Google Search merupakan situs raksasa yang begitu sangat diperlukan oleh para pemilik website. Kebanyakan dari Mereka menggunakan Google untuk mengambil konsumen atau visitor. Namun begitu hal semacam ini tidak selalu mudah. Karena Kita sendiri tahu bahwa Google terus melakukan inovasi-inovasi untuk meningkatkan kemampuan algoritma Mereka terhadap pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Peningkatan besar-besaran baru terjadi ketika muncul update Panda dan Penguin. Dua binatang inilah yang oleh Google dijadikan ujung tombak dalam meningkatkan pengalaman pengguna terhadap mesin pencari, sekaligus memberikan setumpuk peraturan baru bagi para pemilik situs. Selain itu baru-baru ini juga Google mengeluarkan algoritma anyar yang diberi nama Mobilegeddon dengan fokus penyempurnaan penggunaan perangkat mobile.

Melihat begitu besarnya perubahan-perubahan algoritma mesin pencari yang dilakukan oleh Google membuat para pemilik website terpaksa untuk mengikuti peraturan yang dibuat. Tujuannya hanya satu, yaitu mendapatkan leverage serta meningkatkan peringkat di SERP. Namun begitu sayangnya itu bukan hal yang mudah, karena sedikit saja melakukan kesalahan, maka Panda dan penguin akan menghukum website tersebut.

Penalti google

Cara Cek Website dari Penalti Google

Baik pemain kecil maupun perusahaan besar berputar otak untuk menahan serangan dari algoritma ini. Sebagian mungkin menyewa perusahaan SEO besar, namun hal ini tidak selalu dibutuhkan atau bahkan tidak selalu berhasil. Karena pada dasarnya yang terpenting adalah mencegah melanggar peraturan dan jika melakukannya, maka Anda harus mengajukan berbagai macam hal, termasuk banding, pembersihan dan lain sebagainya. Agar Anda lebih mengenal hal-hal ini, sebaiknya ketahui dahulu jenis dan penyebab mengapa Google memberikan penalti pada suatu situs.

  1. Mengetahui jenis penalti

Untuk memudahkan Anda dalam hal ini, termasuk untuk menghemat uang dan waktu, maka Anda bisa mempelajari dahulu cara cek website dari penalti Google. Tahap pertama adalah mengetahui jenis hukumannya. Untuk lebih jelas Anda bisa memperhatikan penjelasan berikut:

Baca juga : 8 Alasan Kenapa Kita Harus Menggunakan WordPress untuk Blog

  1. Manual Penalty

Untuk mengetahui jenis hukuman manual sangatlah mudah. Biasanya Google akan memberitahukan penalti pada Search Consule atau yang biasa Kita sebut Google Webmaster Tool. Biasanya pihak Google akan memberitahukan apa penyebab dari masalah tersebut dan bagaimana cara mengatasinya.

Pada umumnya manual penalty akan sangat berpengaruh pada SERP. Bahkan bisa jadi pada indeks, sehingga bukan tidak mungkin konten hilang pada mesin pencari (deindex). Untuk mengatasi masalah ini sendiri cukup sulit dan lama. Namun dengan kesabaran dan teliti, penalti ini bisa diatasi dengan efisien.

Lihat Search Consule: https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=en

  1. Algorithmic Penalty

Jenis hukuman yang satu ini lebih sulit lagi, karena pemilik situs tidak akan mendapatkan pemberitahuan secara resmi oleh Google. Mereka hanya akan melihat muncul berbagai hukuman pada situs, khususnya penurunan lalu lintas. Alasannya pun sangatlah bervariasi, mulai dari karakteristik buruk pada situs, spamming, hingga penggunaan cara-cara yang melanggar lainnya.

Mengetahui penyebab penalti

Adalah hal yang cukup sulit untuk mengetahui penyebab atau alasan mengapa algoritma #Google memberi hukuman kepada suatu situs. Setiap tahunya Google melakukan update sebanyak 500 kali dan itu benar-benar merusak visibilitas sebuah situs. Sama halnya seperti mencari jarum di dalam jerami. Namun ada beberapa cara untuk melakukan diagnosa, diantaranya sebagai berikut:

  1. Gunakan Google Analytics

Google Analythics dapat membantu Anda mengetahui kesehatan dari situs, sekaligus memperbaiki kerusakan-kerusakan yang mungkin terjadi. Pemilik situs nantinya akan diberikan pemberitahuan berupa laporan rinci mengenai hukuman yang didapat situs tersebut. Selain itu ada pula persentase kemungkinan dampak dari hukuman tersebut.

Lihat Google Analythics: www.google.com/analytics/

  1. Google Penalty Checker

Selain menggunakan Analythics, Anda juga bisa menggunakan berbagai macam software desktop maupun online untuk mengetahui penyebab dari penalti. Sebut saja ada Fruition, FE International (Website Penalty Indicator), Pixelgroove dan masih banyak lagi.

Lihat

Fruition: https://fruition.net/google-penalty-checker-tool/

FE International: feinternational.com/website-penalty-indicator/

Pixelgroove: pixelgroove.com/serp/sandbox_checker/

Related For Cara Cek Website dari Penalti Google

Page

    Page

      Page