Blog Bisnis Online Indonesia

Info Bisnis Online Indonesia paling WOOW!

Menu

Cara Boosting Peringkat Website dengan menggunakan Judul Artikel

September 15, 2015 | Blogging, SEO, Tips & Trik

Kebanyakan pemilik website dalam membuat konten hanya terfokus pada kata kunci, banyaknya jumlah kata, internal link building dan kerapatan kata kunci. Mereka jarang yang memperhatikan bagaimana membuat judul artikel yang baik dan benar.

Padahal jika Kita lihat, judul artikel dapat dengan efisien memberikan boosting terhadap peringkat website.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mencoba beberapa cara boosting peringkat website dengan menggunakan judul artikel berikut ini.

  • Judul yang relevan dan tidak berlebihan

Penting bagi Anda untuk tidak terlalu berlebihan dalam membuat sebuah judul, kecuali jika masih berhubungan dengan konten yang Anda buat. Jika judul dan konten tidak relevan, maka sangat mungkin pengunjung website menjadi kecewa dan menutup situs Anda dengan cepat, sehingga berdampak pada peningkatan bounch rate dan berpengaruh besar terhadap peringkat pada mesin pencari.

  • Buatlah judul yang relevan, tidak biasa namun tidak juga berbohong

Misalnya saja Anda membuat artikel tentang daftar game Android. Anda bisa membuat judulnya menjadi, “20 Game Android Terbaik dan Terbaru”. Judul seperti itu akan mengundang orang untuk melihatnya dibandingkan Anda hanya membuat judul “Game Android Terbaru”.

  • Hindari clickbait dan buat judul seakurat mungkin

Judul clickbait maksudnya judul yang bombastis namun menyesatkan. Biasanya hal semacam ini ada pada website-website yang memang hanya mencari klik dari iklan ataupun penjualan.

  • Gunakan bahasa yang kuat

Bahasa di dalam sebuah judul adalah penting. Anda bisa melihat judul kompetitor, setelah itu mengembangkannya. Contoh saja, kompetitor membuat judul “Cara Alami Menyembuhkan Demam”. Anda bisa mengembangkan judul tersebut agar lebih kuat, misalnya saja menjadi “Cara Menyembuhkan Demam secara Alami dan Mudah”.

Judul Artikel

  • Menggunakan majas aliterasi

Majas aliterasi jarang digunakan pada judul-judul konten website. Namun begitu, tidak ada salahnya untuk Anda mencobanya. Pada intinya aliterasi adalah majas yang biasa digunakan pada puisi dan cirinya adalah adanya pengulangan bunyi dalam baris-baris konsonan. Orang yang membacanya akan lebih suka dibandingkan judul-judul yang monoton.

Beberapa contoh aliterasi diantaranya:

  1. Lihat langit luruskan langkah
  2. Malam kelam suram hatiku semakin muram
  3. Tutorial terbaik tingkatkan penjualan toko online
  • Judul yang berguna

Untuk membuat judul Anda banyak diklik oleh para pengguna mesin pencari, Anda harus membuat judul yang berguna dibandingkan yang lain. Buatlah seseorang merasa bahwa konten Anda adalah jawaban dari apa yang Mereka cari. Cara yang termudah adalah dengan menggunakan kata “Bagaimana”.

  • Menggunakan judul berupa daftar

Seperti yang sudah dicontohkan pada poin-poin sebelumnya, ada kekuatan tersendiri dari judul yang menggunakan angka. Misalnya 10 desain rumah terbaru, 7 cara mengobati diabetes dan sejenisnya. Judul semacam ini akan menarik minat pembaca. Terlebih lagi semakin banyak dan menarik daftar yang Anda buat, maka semakin lama pengunjung ada di website Anda. Ini bisa menjadi indikator bagi bot Google untuk meningkatkan otoritas website tersebut.

  • Judul tidak terlalu panjang

Meskipun judul yang panjang digunakan untuk menjaring pengunjung dari banyak kata kunci, Anda tetap butuh batasan agar orang-orang tidak lari dan memilih website lain. Setidaknya gunakan judul tidak lebih dari 65 karakter. Hal ini juga berhubungan dengan mesin pencari yang mungkin jika judul terlalu panjang maka mesin pencari tersebut tidak akan menampilkan kalimat atau kata berlebih.

  • Jangan memaksakan SEO pada judul

Memang kata kunci perlu disisipkan pada judul karena biasanya judul merupakan tingkatan tertinggi pada tag heading (H1). Namun begitu sebenarnya kata kunci tidak harus tegas atau berurutan pada judul. Yang terpenting adalah setiap kata pada kata kunci yang Anda bidik tersebut masih ada pada judul.

Contoh saja kata kuncinya adalah “cara menggunakan Instagram”.

Di sini Anda bisa mengubahnya menjadi lebih menarik, misalnya menjadi “Cara mudah menggunakan Instagram”.

Related For Cara Boosting Peringkat Website dengan menggunakan Judul Artikel

Page

    Page

      Page